Sejarah Bendera Merah Putih


Pada zaman Majapahit, sudah ada namanya bendera merah putih, kemudian ada pasukan yang namanya Gula Kelapa yaitu pasukan yang mengunakan pakaian merah dan putih. Pada masa pergerakkan, warna merah dan putih ini sering dipakai sarana perjuangan dengan cara pemasangan hiasan/dekorasi di ruang-ruagan pertemuan (seperti pada acara Kongres Pemuda II). Banyak organisasi-organisasi kepemudaan/pergerakan yang menggunakan warna merah dan putih, seperti PNI.

 

Penggunaan dan arti warna Merah Putih di bumi Indonesia

Dalam sejarah Indonesia terbukti, bahwa Bendera Merah Putih dikibarkan pada tahun 1292 oleh tentara Jayakatwang ketika berperang melawan kekuasaan Kertanegara dari Singosari (1222-1292). Sejarah itu disebut dalam tulisan bahwa Jawa kuno yang memakai tahun 1216 Caka (1254 Masehi), menceritakan tentang perang antara Jayakatwang melawan R. Wijaya.

Prapanca di dalam buku karangannya Negara Kertagama mencerirakan tentang digunakannya warna Merah Putih dalam upacara hari kebesaran raja pada waktu pemerintahan Hayam Wuruk yang bertahta di kerajaan Majapahit tahun 1350-1389 M.
            Menurut Prapanca, gambar-gambar yang dilukiskan pada kereta-kereta raja-raja yang menghadiri hari kebesaran itu bermacam-macam antara lain kereta raja puteri Lasem dihiasi dengan gambar buah meja yang berwarna merah.

Selengkapnya di Sejarah Bendera Merah Putih   dowload

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s